HARI BLOGGER NASIONAL

HARI BLOGGER NASIONAL

 

Hari Blogger Nasional

HARI BLOGGER NASIONAL


Membaca blog sudah saya mulai dari dulu setelah lulus kuliah. Namun hanya sekedar membaca karya teman sesama mahasiswa dan para dosen. Benar – benar ikutan nulis ya baru tahun ini. Bulan Juli kemarin sengaja mencoba membuat blog karena ada tugas kerjaan yang persyaratannya memiliki blog. Saat itu hanya membuat. Belum isi kontennya.

Sejak mendaftar mengikuti Komunitas One Day One Post, otomatis setiap hari menulis. Mau tidak mau setiap hari berkutat dengan tulisan.  Entah bagus atau tidak yang penting menulis, menorehkan aksara mengungkapka suara lewat gagasan tulisan. Apalagi saat mengikuti kelas Blogspedia for Newbie, hari hari penuh rasa deg – degan . Karena disamping menulis juga harus mengamati dan menaklukkan berbagai printilan yang menurutku masih sangat asing. Saya yang masih awam dengan blog, berusaha sebisa mungkin untuk menyelesaikannya.

Sejarah Hari Blogger

Ngomong - ngomong tentang dunia Blog, saya baru tahu tentang sejarahnya juga hari ini. Penasaran mengapa tanggal 27 Oktober dijadikan hari Blogger Nasional. Setelah baca – baca dan iqra, saya menemukan bahwa Hari Blogger Nasional pertama kalinya dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu. Seperti dilansir dari Kompas. Com.

Mengenai Blog, saya jadi ingat standup comedian Raditya Dika. Gar – gara curhatannya yang konsisten di blog dia menjadi pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat. Lewat prestasi ini, raditya Dika mendulang prestasi – prestasi lain, seperti best seller buku – buku yang diterbitkan dari tulisan blog nya maupun  film yang ceritanya di ambil dari kisah buku – bukunya, dimana dia juga yang menjadi tokoh utamanya.  

Blog sendiri merupakan singkatan dari web log, seperti yang ditulis kompas. Com  blog merupakan  bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blogger awalnya diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab,  yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Setelah itu, ada banyak ragam pengembangan bhingga banyak yang menggunakannya di Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari Kompasiana  Beyond Blogging Bagaimana statistik mengenai blog? Menurut laporan Technocrati pada Bulan Maret 2005, pengguna blog mencapai 7.8 juta dengan 937 juta link, jumlah tersebut meningkat sekitar 2 kali lipat dalam 5 bulan. Tahun 2007, Technocrati mencatat ada sekitar 112 juta blog. 13 Juli 2009 ditemukan 112.326.499 blog, dan pada 3 Agustus 2010 dilaporkan total terdapat 114.217.571 blog di seluruh dunia.

Ini menunjukkan bahwa perkembangan blog sudah mencapai peningkatan yang luar biasa. Perkembangan  blog ini  lalu merubah cara masyarakat dalam mengakses informasi maupun berinteraksi dengan teman dalam komunitasnya. Interaksi antara blogger dengan pembaca melaui kolom komentar  merupakan bentuk awal dari bentuk komunikasi dan berjejaring sosial .

Tema yang ditulis blog memang bermacam – macam. Nowson (2006) menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga jenis blog yaitu: blog selektif (filter blogs), jurnal harian (personal journals), dan blog ilmu pengetahuan (knowledge blogs). Blog selektif adalah blog yang berisi konten yang dianggap bermanfaat atau layak muat. Blg jurnal harian adalah blog yang menceritakan kegiatan harian atau pengalaman seseorang. Sedangkan blog ilmu pengetahuan adalah blog yang berisi tentang pengetahuan atau informasi topic tertentu.

Edelman (2007) menginformasikan perkembangan blog di kawasan Asia. Hasil penelitiannya menyebutkan bahwa TV merupakan sumber berita yang paling terpercaya (49%), disusul dengan media internet/web (34%), dan koran (17%). Banyak pelaku bisnis, pelaku seni, eksekutif, maupun pemilik perusahaan kini merupakan pemilik blog personal, yang mengaktifkan fitur komentar untuk berinteraksi dengan pembaca. 39% responden yang diteliti mengatakan bahwa mereka membaca blog setidaknya sekali dalam seminggu. Angka ini lebih rendah dari angka pembaca blog di Jepang dan Korea Selatan, namun lebih tinggi dari kawasan Amerika atau Eropa.

Perkembangan Blogger

Komunitas online blogger memiliki dampak yang besar dalam penyebaran informasi. Bukan hanya informasi berkonsep edukatif, konsep meme yang dikategorikan sebagai gambaran kecil ide/konsep lalu mulai tersebar, memberikan ruang baru dalam fenomena budaya masyarakat. Internet meme lalu mulai dikenal luas pada tahun 2011.

Yang menjadi kunci dari perkembangan blog adalah fitur interaktif dimana setiap pembaca bisa menuliskan komentar pada blogger dan berdiskusi mengenai pengembangan topik pada suatu blog. Pembaca dapat memberikan kritikan, sanggahan, atau link-link yang mampu menambah in depth konten blog yang ditulis oleh blogger.

Peran blog sangatlah luas mengingat jumlah topik bahasan pada suatu blog bisa jadi apa saja, sehingga secara kuantitas menjadi sulit untuk diidentifikasi. Namun, saya mencoba membahasnya dari segi yang saya ketahui saja.

Pendidikan. Blog kini tidak hanya digunakan untuk ajang pertemanan namun juga digunakan untuk mengintegrasikan konsep belajar mengajar pada berbagai bidang studi. Blog disini dianggap memiliki peranan dalam menciptakan kreativitas, mengembangkan cara berpikir kritis, melatih kebiasaan membaca, serta meningkatkan literasi peserta didik. Guru sebagai instruktur, juga dapat menggunakan media ini untuk melatih keterampilan siswa dalam menulis, menyampaikan gagasan, dan mengkomunikasikan hasil belajar.

Ekonomi. Melihat penggunaan dan peminat blog yang cukup besar, maka kini blog memiliki peran sebagai salah satu media untuk mengenalkan dan memasarkan suatu produk atau inovasi tertentu pada pembaca. Banyak blogger yang kini memanfaatkan blog pribadinya untuk meraih keuntungan finansial. Ada juga blog komunitas seperti Freakonomics, Marginal Revolution, Paul Krugman & Greg Mankiw yang bertujuan untuk memberikan informasi seputar dunia perekonomian.

Politik. Blog dalam ranah komunitas online berperan untuk membentuk opini publik akan suatu hal, topik, maupun kejadian. Oleh karena itu, blog lalu menjadi sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan politik, baik melalui kegiatan diskusi, tanya jawab, kampanye, sosialisasi program, atau dukungan terhadap suatu partai politik.

Jurnalisme. Blog dan jurnalisme adalah setali mata uang. Blog mampu melengkapi atau menambah data-data penunjang yang tidak bisa kita temui pada media mainstream. Blog seringkali meliput sesuatu dengan penuh kedalaman; semisal foto-foto asli, detail kegiatan, transkrip percakapan, bahkan rangkuman, dan poin-poin kunci dari sebuah event.

Sosial. Banyak perkumpulan sosial yang dikenal karena publikasi melalui blog, seperti Sokola Rimba yang dipelopori oleh Butet Manurung. Ia mengajar di pelosok hutan, mendidik anak-anak yang tidak bisa sekolah karena keterbatasan fasilitas, dan berbagi melalui blog untuk meraih lebih banyak volunteer dan juga donasi. Ada juga blog milik Kalaweit yang mengulas perlunya kesadaran untuk menjaga kelestarian hewan. 

Sejarah. Disadari atau tidak blog adalah bagian dari sejarah. Blog dapat menghadirkan kembali kisah-kisah masa lalu, yang tidak atau belum terpublikasi secara luas

Wisata. Hadirnya blog dapat membantu kegiatan promosi suatu kota atau tujuan wisata. Banyaknya blog yang kini mengulas tentang tempat wisata regional maupun internasional, harapannya mampu meningkatkan keinginan pembaca untuk memahami dunia. Masih banyak daerah-daerah wisata baik di Indonesia maupun di dunia yang hingga saat ini masih belum terekspos media.