DIKSI KEKINIAN

DIKSI KEKINIAN

 



    Bahasa memang berkembang terus, bahkan kadang kita sering menemukan kata – kata aneh yang membuat kita mngernyitkan dahi. “ Apa sih artinya? “ . Apalagi jika berdialog dengan anak muda. Maka akan muncul  diksi – diksi yang membuat bingung untuk menjawab apa.

          Nah, saat baca – baca facebook saya menemukan beberapa istilah kata yang itu baru membuat saya paham. Sambil senyum – senyum saya mencatat tulisan itu sambil mencari referensi lain. Berikut beberapa diksi yang tak jarang mampu mengernyitkan dahi. 

1. KEPO

Kepo ya? Kok saya sering banget dibilang kepo sama teman, ternyata kepo itu artinya "Mau tahu aja", Kepo merupakan diambil dari singkatan bahasa Inggris, yakni Knowing Every particular Object (KEPO). Atau dalam bahasa Indonesianya yakni ingin mengetahui segala sesuatu.

2. BAPER

Ternyata Baper adalah Bawa Perasaan, alias sensitif dalam menyikapi sesuatu, apa-apa pakai perasaan. bahasa lainnya sensitif. Aduh kamu kok sensitif...!

3. CURHAT

Curhat singkatan dari Curahan Hati, menceritakan hal-hal kepada orang yang dipercaya, biasanya hal tersebut bersifat pribadi.

4. CURCOL

Seperti arti curhat juga, hanya saja momennya kadang tidak tepat, lagi membicarakan begitu  dianya malah curhat, jadinya diam-diam dia curhat padahal kita tidak siap mendengar curhatannya, biasanya curcol itu curhat malu-malu karena sudah curhat tiba-tiba alias colongan.

4. WOLES

Woles itu kebalikan  dari kata SELOW, alias santai dan gak buru-buru. Istilah woles dipakai untuk menyikapi masalah jangan terlalu serius, Woles aja.

5. KUY

Kata KUY, apa ya? Ternyata seperti woles juga, kuy juga huruf yang dibalik dari kata YUK, termasuk kata ajakan.

6. GABUT

Katanya Gabut itu Gak butuh, ada yang bilang Gabut itu bingung mau ngerjain apa, bingung mau ngapain, karena bingung dia jadi Gabut, hehe.

7. MAGER

Mager singkatan dari malas gerak, aduh..mager deh. 

8. BUCIN

Ini kepanjangan Budak Cinta, bingung juga ada istilah budak cinta, maksudnya apa ya? Ternyata maksudnya orang yang sudah tergila-gila sama seseorang sehingga perilakunya seakan tak ingin kehilangan dirinya, rela deh jadi budak untuk mendapatkan cintanya.

9. MANTUL

Yang saya kira mantul itu memantul seperti bola basket kalau dilempar ke dinding atau ke lantai, ternyata mantul juga singkatan Mantap betul.

10. GEJE

Gak jelas itu kepanjangannya, biasanya diucapkan kepada seseorang yang ngomongnya gak jelas, gak ngerti dan nggak nyambung. Gitu.

11. GERCEP

Gerak Cepat alias GPL (Gak Pake Lama)

12. PANSOS

PANSOS adalah perilaku ingin terkenal dengan nebeng popularitas orang lain, cari-cari perhatian.

13.MUPENG

Singkatan dari Muka Pengen. Alias lagi pengeeen banget dengan sesuatu. Bahasa lainnya nyidam.


14. SEMANGKA

Semangka itu adalah singkatan dari kata Semangat Kaka. Tarik Sis ... Semangkaa .. eh semongko...

15. PEMES

Kata Pemes awalnya kirain maksudnya lemes/bermulut ember, ternyata pemes adalah pelesetan dari kata berbahasa Inggris, yaitu famous yang artinya terkenal. 


Nah, itu tadi diksi kekinian yang sering digunakan anak - anak muda untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Tertarik menggunakan??