HAPPY WITH JATI DIRI

HAPPY WITH JATI DIRI



gambar : sopir membawa penumpang. dawainusa.com

Siapapun pasti ingin hidupnya bahagia. Tidak terkecuali Pak Hadi. Seorang Ayah yang saya temui hari ini . Iya, dalam derai suara motor yang bekelabut, pagi ini saya dan suami pulang mudik. Seperti biasa ritual saat pulang dari mertua adalah membawa barang - barang  kadang asing tapi penting seperti beras, sayuran, cabe tegalan  dan tak lupa sebungkus  bothok lele asap , khas makanan Tulungagung.

Apa spesialnya? Sehingga saya begitu antusias menceritakan sosok Pak Hadi ini? Rupanya keramahan dan derai tawa Pak Hadi membuat saya terhanyut dalam perbincangan. Kadang lucu, kadang pilu. Akhirnya, mengalirlah cerita, tentang keluarganya. Pak Hadi adalah driver GrabCar. Bertahun – tahun  Ia menjalankan profesi ini. Ia mengawali  di Batam, dimana hampir 20 tahun Ia bersama keluarga kecilnya merantau di sana. Keluarga yang cukup sukses saya kira. Melihat bagaimana ekspresinya menceritakan suka duka kerja kerasnya sampai membuahkan hasil, hingga  memiliki rumah sendiri, mobil dan biro travel.  Kerja keras yang pantas dan membuat puas.

Wilayah Batam sendiri memang kebanyakan penduduknya pendatang, dengan fasilitas yang mudah dan mewah, kota pekerja dan industri sehingga tentu menjadi surga bagi para pendatang yang notabenenya adalah kaum muda, pencari kerja yang kebanyakan  baru lulus SLTA ataupun wisuda mahasiswa. Benar benar menjanjikan surga dunia. Namun surga itu bukan selamanya bukan untuk keluarganya kata Pak Hadi. Dunia malam, dan berbagai kehidupan beserta pergaulannya membuat Pak Hadi khawatir, akankah keluarganya akan begini terus? Bagaimana pola kehidupan buah hatinya yang sekarang mulai menginjak remaja? Bagaimana pendidikan anak anak selanjutnya? Akankah mereka juga mampu bertahan dengan godaan yang menggiurkan ini?

 Saat kesuksesan dan bisnisnya lancar, datang , tiba – tiba berkecamuk pikiran, melihat bagaimana pergaulan di sana. Namun jika pulang ke kampung halaman , bagaimana Ia akan bertahan? Sementara perekonomian  telah mapan di sini. Alih –alih dengan kesuksesan ini tidak membawa kata tenang di hatinya. Sukses yang membuat hatinya tidak sepenuhnya bahagia. Sukses harta yang belum tentu disertai sukses keluarga. Pak Hadi menginginkan anaknya berperilaku baik, Ia khawatir masa depan anak – anaknya jika masih di lingkungan Batam. Kuatkah?

            Setelah berbagai pertimbangan, Ia dan istrinya sepakat pindah ke Jawa kembali, memulai dari awal, agar pendidikan dan pergaulan anak-anak terjaga . Demi masa depan mereka. Apa yang dilakukan Pak Hadi, mungkin juga pernah kita alami, bagaimana kita memilih sukses dan bahagia. Definisi bahagia tentu berbeda buat setiap orang. Seperti Pak Hadi yang memutuskan untuk kembali ke jawa. Menurutnya bahagia bukan melulu tentang harta dan kemudahan fasilitas, tetapi bagaimana kita berada pada lingkungan yang lebih baik untuk masa depan anak - anak selanjutnya. Bahagia bukan saja tentang kuantitas harta tetapi juga kualitas seberapa manfaatnya.

            Setiap orang puya cara untuk bahagia. Yang pasti bahagia sesuai tahapan masing masing. Pak Hadi muda misalnya, apa yang dalam pencahariannnya bahagia adalah kesejahteraan finansial, maka dia merantau ke batam untuk mencari uang, namun ketika dia mendapatkannya, tiba tiba rumusan bahagianya berubah sedikit bersama dengan usia dan kematangan berpikir, apakah harta menjamin bahagia? Harta yang dia kumpulkan malah di jual dan dia kembali ke kampung halaman, karena menurutnya pendidikan dan lingkungan anak lebih ia utamakan, dari berbagai rumusan bahagia, nyatanya menjadikan anak anak sholehah adalah kebahagiaan utamanya. Mungkin di sekitar kita juga terdapat Pak Hadi Pak Hadi yang lain. Saat mapan dan sukses, tiba – tiba muncul makna sukses yang kadang berbeda dengan versi sebelumnya. Boleh jadi kita pun memiliki makna hidup happy yang kadang berbeda dengan orang lain. Sesuaikan saja dengan jati diri dan prinsip kita. Begitulah arti bahagia, tergantung versi dan mindset masing - masing.( Zef)

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#ODOPCHallenge1

Tema Bebas