BERANILAH MEMILIH

BERANILAH MEMILIH

 

beranilah memilih

BERANILAH MEMILIH

Tak dapat dipungkiri, bahwa setiap hela napas kita selalu ada ragam permasalahan yang perlu keputusan untuk diselesaikan. Dengan cara apa kita akan menyelesaikannya? Dengan keputusan yang mana yang akan kita pilih? Semuanya memiliki resiko yang kadang membingungkan. Namun kita dituntut untuk berani memilih, dengan pertimbangan yang kadang tidak memberikan solusi namun malah menimbulkan depresi.

Hidup adalah tentang bagaimana memilih penderitaan. Semua keputusan yang kita ambil mengandung resiko penderitaan , apapun itu. Harus kita sadari bahwa tidak ada satu keputusan pun yang tidak memiliki resiko penderitaan. Mungkin semua orang setuju, bahwad definisi dalam hidup yang paling mendasar salah satunya adalah kesakitan, penderitaan. Semua orang boleh berbeda pendapat tentang ideologi, agama atau apapun. Tetapi semua yang hidup setuju tentang penderitaan. Bahwa penderitaan itu memang tidak enak, semuanya setuju tanpa perdebatan. Memang salah satu definisi hidup adalah bagaimana menanggung penderitaan.

Apapun masalah kita,  keputusan seperti apa yang akan kita pilih sebagai solusi, tinggal kita hitung resiko dan penderitaannya. Mau resiko seperti apa yang mau kita hadapi. Penderitaan apa yang kita pilih, menyakiti orang lain atau penderitaan menyakiti diri sendir? Sesederhana itu. Yang terpenting dan perlu dihitung adalah, kita siap dengan setiap keputusan yang kita putuskan. Jangan hanya memikirkan senangnya saja. Pikirlah juga penderitaannya. Karena itu yang pasti terjadi.

Tidak ada permasalahan dimuka bumi yang tidak mengandung unsur penderitaan.  Jika ada masalah pikirkan, bersediakah kita menderita seumur hidup? Jika siap dengan penderitaan, maka jangan selesaikan. Diamkan saja masalahnya. Namun jika tidak siap menderita, tabrak saja masalah itu. Segera selesaikan. Jangan ditunda.  Hidup adalah bagaimana kita memilih. Apapun resikonya. Semuanya akan kita alami.

Jika ingin bahagia, kita dapat bahagia. Namun kita tidak bisa memposisikan kebahagiaan itu staganan,istiqamah.  Selaku akan fluktuatif, dan berubah -ubah. Bahagia itu meminimalisir yang minus. Kebahagiaan akan menghilangkan penderitaan, namun kebahagiaan bukan hanya menghilangkan penderitaannya saja, bukan menghilangkan sebabnya, tapi harusnya kita juga menguasai penderitaan itu. Karena semua penderitaan adalah pintu ilmu yang luar biasa.

Dalam penderitaaan manusia akan bisa intropeksi dan  mencari hikmahnya.  Ketika menderita orang akan ingat pada Tuhan,  namunaketika seneng sebagian akan lupa kuasa Tuhannya, hingga lupa mencari hikmah dari kebahagiaannya. Putuskanlah segera ketika ada masalah.  Selesaikan sendiri dengan berani. Dimana keputusan itu tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Ketika memutuskan sendiri maka kita tidak akan gampang menyalahkan orang lain. Keputusan harus di ambil oleh diri sendiri. Karena yang menanggung adalah diri sendiri. Beranilah...